PRAJURIT TNI AL PERINGATI PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG

Semarang || angkatanbersenjata.com

Pertempuran Lima Hari di Semarang merupakan gencatan senjata antara pasukan tentara Jepang dan pasukan Indonesia yang terdiri dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) serta pemuda. Pertempuran ini dianggap sebagai salah satu pertempuran besar yang melibatkan militer Indonesia selama lima hari, pada 15 – 19 Oktober 1945.

Komandan Lanal Semarang, Letkol Laut (P) Akbar Abdullah, M.Tr.Opsla, beserta prajurit Lanal Semarang memperingati Pertempuran Lima Hari di Semarang yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarmo, S.E., M.M., bertempat di Bangunan Bersejarah Tugu Muda Semarang, Jl. Pandanaran, Mugassari, Kota Semarang pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Peringatan ini ditujukan untuk mengenang jasa-jasa dan arwah para pejuang serta warga Semarang yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan. Peringatan ini juga diimplementasikan sebagai sejarah bangsa, yang senantiasa dikenang sekaligus menjadi guru dalam kehidupan masyarakat sehari-hari tentang makna bersatu serta rela berjuang demi kebaikan bersama.

Acara peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang juga menggelar pentas teaterikal yang menggambarkan perjuangan rakyat Jawa Tengah yang penuh semangat dan rela berkorban demi merebut serta mempertahankan obyek vital dari tangan penjajah Jepang.

Komandan Lanal Semarang berharap bahwa peringatan sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang ini dapat membangun rasa nasionalisme, patriotisme, dan persatuan untuk menghadapi tantangan global yang akan datang dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sumber : Penerangan Angkatan Laut

Related Post "PRAJURIT TNI AL PERINGATI PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG"
Biro GTK SETMILPRES Seleksi Zona Integritas
Danmenbanpur 2 Marinir Pimpin Sertijab Danyonkes 2 Marinir
Kasad Saksikan 15 Ribu Personel Polri Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres RI